Sudah Jadi Sahabat Manusia Sejak Dulu Kala! Inilah 18 Fakta Tentang Kucing

Sekedar Informasi, Sudah Jadi Sahabat Manusia Sejak Dulu Kala! Inilah 18 Fakta Tentang Kucing.
Sekedar Informasi,

Apakah kamu salah satu pecinta kucing? Kucing merupakan salah satu peliharaan favorit para pecinta hewan. Bukan hal yang mengherankan, karena binatang berbulu yang satu ini memiliki paras lucu dan menggemaskan. Kerap menjadi hewan peliharaan banyak keluarga di dunia, kucing ternyata telah menjadi hewan yang dekat dengan manusia sejak 6.000 tahun SM. Orang Mesir Kuno awalnya menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus dari lumbung penyimpan hasil panen. Gak hanya itu, dibalik keimutan seekor kucing ternyata ada berbagai fakta unik yang jarang kita ketahui sebelumnya. Yuk, simak 18 fakta unik tentang kucing berikut ini!

 

1. Tak Bisa Merasakan Manis

Meskipun semua mamalia memiliki gen untuk merasakan rasa manis, kucing tidak bisa merasakannya karena reseptor manisnya tidak berfungsi.

 

2. Menghabiskan 70% Hidupnya Untuk Tidur

Terkenal sebagai hewan pemalas, kucing menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk tidur sekitar 15-20 jam setiap hari.

 

3. Memiliki Gen Mirip Dengan Harimau

Jangan heran kalau keduanya punya visual yang mirip. Kucing ternyata memiliki 95,6% kesamaan genetik dengan harimau yang menjadikannya sepupu jauh dari salah satu penguasa hutan tersebut.

 

4. Dapat Berlari Dengan Cepat

Meskipun terlihat santai, kucing memiliki kemampuan berlari luar biasa dengan kecepatan hingga 30 mph yang memungkinkannya untuk mengejar mangsa atau menghindari bahaya.

 

5. Kucing Tertua Berusia Hingga 38 tahun!

Kucing tertua yang tercatat pernah hidup selama 38 tahun lebih 3 hari! Fakta ini menunjukkan bahwa dengan perawatan yang tepat, kucingmu bisa hidup lebih lama dari yang diperkirakan.

 

BACA JUGA

Tembus Rekor 10 Juta Penonton! Ternyata Film Exhuma Mengangkat Tema Sejarah Korea

 

6. Telinga Mereka Bisa Berputar 180°

Dengan 32 otot yang mengendalikan telinganya, kucing memiliki kemampuan untuk memutar telinganya hingga 180° untuk mendengarkan suara dari berbagai arah.

 

7. Merasakan Emosi Manusia

Sebagai sahabat manusia, Kucing dewasa memiliki kemampuan untuk merasakan emosi manusia dan sering berperilaku seperti memahami perasaan pemiliknya.

 

8. Penglihatan Malam Yang Hebat

Dengan organ khusus bernama Tapetum Lucidum, kucing memiliki penglihatan malam yang luar biasa, memungkinkannya untuk melihat dengan jelas dalam kondisi cahaya yang rendah.

 

9. Kumis Sebagai Alat Navigasi

Kumis kucing bukan pemanis penampilan belaka, tapi juga berfungsi sebagai alat navigasi yang membantu mereka mengetahui jarak dan gerakan di sekitarnya.

 

10. Bisa Berkeringat

Meskipun tidak seperti manusia yang berkeringat secara besar-besaran, kucing dapat mengeluarkan keringat melalui kelenjar keringat di telapak kakinya.

 

11. Melompat Jarak 6 Kali Panjang Tubuhnya

Selain berlari, kemampuan melompat kucing juga sangat mengesankan lho! Kucing bahkan mampu melompat hingga enam kali panjang tubuhnya yang dapat membantunya dalam berburu atau menghindari bahaya.

 

12. Perlu Vaksinasi

Layaknya manusia, kucing juga perlu mendapatkan vaksinasi secara teratur untuk mencegah penyakit yang umum terjadi.

BACA JUGA

Galau Berlebih Hingga Susah Tidur! Ini Dia Tanda Kamu Mengalami Anxiety Disorder

 

13. Menjilat Untuk Kebersihan

Sebagai penyuka kucing pasti kalian sering melihat kucing menjilati tubuhnya bukan? Nah, hal ini mereka lakukan untuk membersihkan diri, serta menghilangkan kotoran, parasit dan sel kulit mati.

 

14. Dengkuran Untuk Mengurangi Stres

Dengkuran kucing tidak hanya membuat mereka terlihat bahagia, tetapi juga memiliki efek untuk mengurangi stres, memperkuat tulang, serta menenangkan manusia.

 

15. Budidaya Kucing Sudah Ada 9.000 Tahun Yang Lalu

Manusia telah memelihara kucing selama ribuan tahun. Kucing-kucing modern saat ini ternyata berasal dari kucing liar yang dijinakkan oleh manusia ribuan tahun yang lalu.

 

16. Bisa Hidup Mandiri

Meskipun kadang terlihat berkelompok ataupun dipelihara, kucing sebenarnya bisa hidup secara mandiri lho! Hal ini dikarenakan mereka memiliki insting yang kuat untuk bertahan hidup. 

 

17. Keseimbangan Tubuh Yang Baik

Kucing memiliki kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan tubuhnya yang luar biasa, memungkinkannya berjalan di atas tembok atau di permukaan yang sempit dengan mudah.

 

18. Otak Yang Cerdas

Dengan 300 juta korteks serebral, otak kucing sangat canggih dan mampu menanggapi lingkungan sekitarnya dengan baik sehingga membuat kucing menjadi hewan yang cerdas dan adaptif.

 

Wow, tak disangka ternyata dibalik kelucuan seekor kucing tersimpan banyak sekali karakteristik yang berbeda ya guys!

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of sekedar informasi