Galau Berlebih Hingga Susah Tidur! Ini Dia Tanda Kamu Mengalami Anxiety Disorder

Sekedar Informasi, Galau Berlebih Hingga Susah Tidur! Ini Dia Tanda Kamu Mengalami Anxiety Disorder.
Sekedar Informasi,

Pernahkah kalian merasa gelisah dan takut saat menghadapi situasi yang baru, seperti wawancara kerja atau berbicara di depan umum? Rasa cemas memang wajar apabila muncul ketika kalian sedang mengalami momen-momen menegangkan. Namun jika kalian merasakan cemas yang terus menghantui hingga mengganggu aktivitas sehari-hari selama lebih dari enam bulan, bisa jadi kalian sedang mengalami anxiety disorder! Apa sih itu anxiety disorder? Yuk, mari kita simak ulasan lengkapnya!

 

Anxiety disorder adalah kondisi gangguan mental yang ditandai dengan rasa cemas yang berlebihan dan tak terkendali. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk kegiatan yang biasa kalian nikmati. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa sekitar 301 juta orang di seluruh dunia menderita anxiety disorder, dengan 58 juta di antaranya adalah anak-anak dan remaja. Di Indonesia sendiri, gangguan kecemasan menduduki peringkat kedua penyakit paling umum.

BACA JUGA

Atur Kadar Gulamu Sekarang! Inilah 12 Tanda Kamu Mengidap Diabetes

 

Gejala awal dari anxiety disorder umumnya meliputi perasaan gugup yang berlebihan, jantung berdebar kencang, kesulitan mengendalikan emosi dan mungkin terjadinya serangan panik. Faktor penyebab gangguan kecemasan ini sangat bervariasi, mulai dari faktor genetik hingga lingkungan yang memicu stres. Selain itu, perubahan hormonal, penyalahgunaan zat-zat tertentu dan kondisi medis tertentu juga dapat memicu timbulnya anxiety disorder. Kalian bisa mendeteksi beberapa gejala awal anxiety disorder seperti kecemasan berlebih, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, kontrol emosi berkurang hingga merasa lesu sepanjang waktu. Namun jangan khawatir guys, ada 3 metode yang dapat kalian lakukan untuk mengobati anxiety disorder.

 

1. Psikoterapi

Psikoterapi jadi opsi ketika kalian melibatkan konseling dengan psikolog atau psikiater sebagai media untuk menuangkan pikiran dan kecemasan yang dialami.

BACA JUGA

Bikin Ngeri! Menyingkap Kisah Angker Dibalik Megahnya Lawang Sewu

 

2. Terapi Pendukung

Cara ini menjadi yang paling mudah untuk kalian lakukan dan hanya perlu motivasi saja lho! Metode ini meliputi aktivitas seperti yoga dan meditasi untuk meningkatkan ketenangan dalam pikiran kita.

 

3. Pengobatan Medis

Apabila gejala sudah terasa mulai memburuk, maka metode pengobatan medis seperti obat-obatan diresepkan oleh dokter spesialis jiwa untuk mengurangi gejala akan jadi opsi terbaik yang dapat kalian pilih.

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of sekedar informasi