Jauh Dari Kata Higienis! Inilah 10 Negara Terkotor Di Dunia

Sekedar Informasi, Jauh Dari Kata Higienis! Inilah 10 Negara Terkotor Di Dunia.
Sekedar Informasi,

Pernahkah kalian merasa kurang nyaman saat bernafas? Menurut IQAir, ada beberapa negara yang memiliki tingkat kebersihan udara yang sangat memprihatinkan. Di tahun 2021, IQAir telah menempatkan 10 negara dengan indeks kualitas udara yang masuk dalam kategori berbahaya dan sangat tidak sehat. Tak hanya masalah udara, tapi beberapa negara ini juga memiliki masalah pengelolaan sampah yang menjadi perhatian serius. Nah, penasaran negara mana saja yang masuk dalam daftar ini? Yuk, langsung saja kita simak!

 

1. Bangladesh

Sudah ga heran lagi jika Bangladesh dijuluki sebagai negara terkotor di dunia. Negara yang memiliki ibu kota Dhaka tersebut tercatat memiliki indeks kualitas udara yang sangat berbahaya untuk semua golongan. Selain segudang masalah polusi, air di Bangladesh juga sudah tercemar oleh pestisida komersial. Alhasil, Bangladesh juga dijuluki sebagai negara yang tak layak ditinggali.

 

2. Chad

Meski jarang terdengar, tahukah kalian bahwa Chad ditinggali oleh 17,953 juta jiwa? Angka kepadatan yang masif ini menempatkan Republik Chad ini memiliki indeks kualitas udara yang hampir mirip dengan Bangladesh. Di balik padatnya penduduk, negara yang terletak di Afrika Tengah ini juga dikenal sebagai negara termiskin akibat menumpuknya masalah kelaparan. Kita berharap semoga peliknya masalah Chad dapat segera diatasi oleh pemerintah terkait, ya.

 

3. Pakistan

Ga jauh berbeda dengan negara-negara sebelumnya, kondisi udara negara Pakistan juga memiliki indeks kualitas yang memprihatinkan lho! Polusi dan masalah pengelolaan limbah menjadi dua kontributor utama bagi buruknya kualitas udara disini. Fakta ini makin diperparah dengan keberadaan sekitar 40 juta penduduk Pakistan yang tak memiliki toilet di rumahnya. Waduh, sungguh rumit ya masalah di negara Asia Selatan ini.

 

BACA JUGA

Tak Pernah Stabil! 5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Toxic Relationship

 

4. Oman

Meski hanya dihuni 3,9 juta jiwa, Oman ternyata juga harus berurusan dengan masalah sampah yang meningkat setiap tahunnya. Tak disangka, negara ini mampu menghasilkan sampah sekitar 4.700 ton setiap harinya lho! Berdasarkan data IQAir, Oman memiliki indeks kualitas udara yang bisa membahayakan kesehatan semua golongan. Saat ini, pihak pemerintah Oman sudah mulai melarang penggunaan plastik di swalayan, semoga langkah ini berhasil, ya.

 

5. India

Negara yang terkenal dengan film dan Taj Mahalnya ini rupanya memiliki indeks kualitas udara berbahaya untuk semua golongan. Fakta ini diperparah dengan penumpukan 62 juta ton sampah di tiap tahunnya! Gawatnya, diperkirakan jumlah penumpukan sampah India akan mencapai 165 juta ton pada tahun 2030.   

 

6. Tajikistan

Meski hanya dihuni penduduk berjumlah 9 juta jiwa, namun nama Tajikistan nyatanya juga masuk dalam data IQAir sebagai negara dengan indeks kualitas udara yang berbahaya untuk semua golongan. Selain dihantui bahaya polusi, Tajikistan juga masih harus membereskan masalah kemiskinan dan kelaparan yang merajalela. Kurangnya pembangunan infrastruktur, menjadi masalah utama negara perang sengketa dengan Kirgistan ini. Semoga peliknya masalah Tajikistan bisa segera teratasi, ya.

 

7. Qatar

Meski Qatar sempat menjadi tuan rumah World Cup 2022, negara ini ternyata juga memiliki masalah dalam kualitas udara. Pada tahun 2021, IQAir mencatat bahwa tingkat polusi udara di Qatar berpotensi membahayakan golongan sensitif. Kemacetan menjadi biang keladi utama yang memompa tingginya angka polusi di negara ini. Ga heran, Doha ibukota Qatar tercatat selalu memiliki indeks polusi tinggi.

BACA JUGA

Sudah Jadi Sahabat Manusia Sejak Dulu Kala! Inilah 18 Fakta Tentang Kucing

 

8. Kirgistan

Di belahan Asia Tengah lainnya, Kirgistan juga punya masalah serius dalam hal kebersihan udara. Awal tahun 2021 lalu, ibu kotanya, Bishkek, memiliki indeks kualitas udara yang sangat buruk dan berbahaya bagi semua golongan. Kirgistan juga menghadapi masalah dalam pengolahan limbah padat industri dan domestik yang semakin menambah deretan masalah kebersihan di negara ini. 

 

9. Indonesia

Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki tantangan besar dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama udara. Sumber polusi utama berasal dari aktivitas pertambangan, emisi kendaraan, dan kebakaran hutan yang masih menjadi masalah serius. Ditambah lagi, menurut PBB, Indonesia juga dalam kondisi darurat sampah plastik karena menyumbang 600 ribu ton plastik setiap tahunnya!

 

10. Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Herzegovina, negara di Semenanjung Balkan Selatan, juga tidak luput dari masalah kebersihan lingkungan. Sama seperti Indonesia, Bosnia dan Herzegovina memiliki tingkat polusi udara yang tergolong sedang. Sumber polusi di negara tersebut disebabkan oleh pembangkit listrik yang masih menggunakan batu bara dan sektor industri. Negara ini juga masih harus berurusan dengan limbah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan dan sungai. 

 

Inilah 10 negara terkotor di dunia, jelas bahwa tantangan kebersihan udara dan pengelolaan sampah bukanlah masalah yang terbatas pada satu wilayah saja. Yuk, perbaiki pola hidup kita dan mulai jaga kebersihan lingkungan di sekitar kita ya, satu langkahmu dapat jadi awal dari sebuah perubahan nyata!

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of sekedar informasi