Sering Tepar di Tengah Musim Hujan, Jaga Kesehatanmu dengan 8 Tips Simple Ini

Sekedar Informasi, Sering Tepar di Tengah Musim Hujan, Jaga Kesehatanmu dengan 8 Tips Simple Ini
Sekedar Informasi,

Lingkungan yang lembap dan bersuhu rendah saat musim hujan menjadi tempat favorit virus dan bakteri penyebab penyakit untuk berkembang biak. Selain itu, lingkungan di musim hujan juga dapat menurunkan sistem imun tubuhmu sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi virus dan bakteri. Maka dari itu, penting buat kita untuk menjaga pola hidup yang benar untuk membangun imunitas di tengah musim hujan.

Yuk, simak 8 tips simple untuk jaga kondisi tubuhmu selama musim hujan!

 

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Musim hujan membuat lingkungan menjadi lembap sehingga memudahkan virus dan bakteri berkembang biak. Oleh karena itu, penting lho bagi kitauntuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Nutrisi yang cukup dapat membantu sistem imun tubuh bekerja secara optimal, menurunkan risiko terkena penyakit.

 

BACA JUGA

Galau Berlebih Hingga Susah Tidur! Ini Dia Tanda Kamu Mengalami Anxiety Disorder

 

  1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir

Jangan malas, guys! Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat penting, terutama sebelum memasak, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet. Penggunaan hand sanitizer juga bisa dilakukan jika tak ada akses air dan sabun di sekitar area kalian.

 

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain jaga pola makan dan kebersihan, jangan lupa penuhi kuota air putih harian kalian ya guys! Minumlah air mineral sekitar 2 liter per hari untuk membantu tubuh mengeluarkan sisa metabolisme dan racun secara optimal.

 

  1. Melakukan 3M Plus

Genangan air di musim hujan dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, penyebar penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Menerapkan 3M Plus, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, serta memasang kasa nyamuk, dapat membantu mengurangi risiko penyakit tersebut.

 

  1. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin membantu menjaga sirkulasi darah dan mengoptimalkan kinerja sel darah putih, yang penting dalam sistem imun tubuh. Selain itu, berolahraga juga membantu menjaga berat badan ideal dan mengurangi risiko obesitas. Stay fit, guys!

 

BACA JUGA

Mengenang 17 Tahun Kematian Munir, Misteri Lawas yang Masih Belum Terpecahkan

 

  1. Mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin C dan D diperlukan untuk menjaga sistem imun tubuh. Pastikan untuk mendapatkan asupan harian yang cukup dari makanan atau suplemen. Vitamin C bisa ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk dan brokoli, sedangkan vitamin D bisa didapat dari sinar matahari dan makanan kaya vitamin D.

 

  1. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup memungkinkan tubuh untuk memulihkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

 

  1. Vaksinasi Rutin

Vaksinasi rutin, seperti vaksin influenza dan vaksinasi difteri dan tetanus, membantu melindungi tubuh dari penyakit yang sering muncul pada musim hujan. Pastikan untuk mengikuti jadwal vaksinasi yang disarankan untuk menjaga kesehatan secara optimal.

Ingatlah, kesehatan adalah harta yang tak ternilai, jadi jangan ragu untuk meluangkan waktu dan usaha untuk merawatnya. Di tengah musim hujan ini, ingatlah untuk terus jaga kebugaran tubuhmu ya!

 

Saksikan Live Streaming GRATIS laga panas minggu ini dengan join telegram channel BYD Sports, disini!

 

image of sekedar informasi